Minggu, 19 September 2010

Materi Layanan BK Kelas XII SMAN 2 Mataram

SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mamapu menghasilkan karya kreatif secara individu.
2. Siswa mampu menunjukkan keterampilan menulis naskah secara sistimatis dan estetis

B. Materi Pokok.
Mengembangkan kemampuan menulis.

C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan

D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.

E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberikan pengantar mengenai topic yang akan
dibahas.
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.

2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai kemampuan menulis ,bahwa kemampuan menulis dan mengekspresikan diri melalui tulisa mutlak diperlukan untuk menyelesaikan studi dengan baik,di tingkat menengah maupun perguruan tinggi,dan keterampilan menulis bisa mendatangkan berbagai keuntungan.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengenai aktivitas menulis masing-masing siswa selama ini.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok ,mengenai bagaimana mengembangkan kebiasaan menulis sebagai ekspresi diri.
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.



Mengethui                                                                   Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                           Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                  Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                    NIP: 19590919 198703 1 009



SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mamapu menghasilkan karya kreatif secara individu.
2. Siswa mampu menunjukkan keterampilan menulis naskah secara sistimatis dan estetis

B. Materi Pokok.
Mengembangkan kemampuan menulis.

C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan

D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.

E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberikan pertanyaan mengenai topic pertemuan sebelumnya
 Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumn.
 Guru memberi pengantar mengenai topic yang akan dibahas.
 Guru memberi pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas



2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai motivaasi,bahwa motivasi yang edial adalah motivasi intrinsic,yaitu dorongan yang berasal dari dalam diri kita dan tidak perlu disertai rangsangan dari luar.Motivasi instrinsik ini akan membuat setiap orang mampu mengendalikan situasi.Kita akan selalu termotivasi,seperti apapun keadaan diluar diri dan lingkungan.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengenai seberapa besar motivasi siswa dan lebih cendrung didorong motivasi dari dalam atau rangsangan dari luar?.Guru membimbing siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk membantu mengetahui seberapa besar motivasinya.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok ,bagaimana caranya membangkitkan motivasi diri
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.


Mengethui                                                                        Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                                Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                     Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                       NIP: 19500919 198703 1 009





SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/201


A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu berperilaku sesuai ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan ramaja.

B. Materi Pokok.
1. Memahami bahaya Narkoba
2. Hidup sehattampa Napza
3. Berperan aktif dalam penanggulangan bahaya narkoba

C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan

D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan

E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic pertemuan sebelumnya.
 Guru membahas tugas yang diberkan pada pertemuan sebelumnya.
 Guru memberi pengantar mengenai topic yang akan dibahs.
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi bahwa Narkoba adalah sesuatu yang teramat sangat berbahaya bisa merusak fisik dan mental,apalagi yang diserang umumnya generasi muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa,maka tak pelak lagi masa depan bangsa Indonesia akan suram jika masalah narkoba tidak segera mendapat penanganan serius,guru juga mengajak siswa berperan aktif dalam penanggulangan bahaya narkoba.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengenai bagaimana siswa memahami bahaya narkoba,dan partisipasi apa yang dilakukan siswa untuk memerangi narkoba.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitasrmat mandiri maupun kelompok ,dalam membuat sebuah rencana untuk menghindarkan lingkungan sekitar siswa dari penggunaan dan peredaran narkoba.
d. Guru memberikan sebua atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.tenntang bahaya narkoba.
Misalnya Jika ingin memahami lebih jauh tentang atau barang kali mempunyai masalah yang berhubungan dengan narkoba .
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.


Mengethui                                                                                Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                                        Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                              Saeful Ahmad, S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                                NIP: 19590919 198703 1 009


SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


A. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
2. Peserta didik mampu menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil terbaik.

B. Materi Pokok.
Mengembangkan kemampuan belajar untuk pemberdayaan diri.
C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.
E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic pertemuan sebelumnya.
 Guru membahas tugas yang diberkan pada pertemuan sebelumnya.
 Guru memberi pengantar mengenai topic yang akan dibahs.
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai motivasi,bahwa dalam kurikulum terbaru dikembangkan di sekolah-sekolah,system belajar,serta standar buku pendidikan,tugas-tugas,aktivitas dan pekerjaan rumah,serta perbaikan dan pengeyaan dihadirkan dengan tujuan agar anda menguasai kompetensi yang sedang dipelajari kecepatan membaca merupakan salah satu factor penentu keberhasilan anda dalam belajar.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengentahui bagaimana pandangan dan sikap terhadap tugas-tugas sekolah
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitasrmat mandiri maupun kelompok ,dalam membuat sebuah rencana untuk diterapkan secara pribadi untuk memperbaiki cara pandang siswa mengenai tugas-tugas sekolah dan untuk dilaksanak dengan baik dan bertanggung jawab.
d. Guru memberikan kesemnpat atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Misalnya jika siswa masih terus merasa terbebani oleh tugas-tugas sekolah dan merasa tidak nyaman dengan tugas-tugas tersebut.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.





Mengethui                                                                               Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                                       Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                             Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                               NIP: 19590919 198703 1 009






SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011



A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya untuk pemberdayaan diri.

B. Materi Pokok.
Mengembangkan kemampuan belajar untuk pemberdayaan diri.

C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan

D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.

E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic pertemuan sebelumnya.
 Guru membahas tugas yang diberkan pada pertemuan sebelumnya.
 Guru memberi pengantar mengenai topic yang akan dibahs.
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.

2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi bahwa tingkat efektif dan efisiensi dalam belajar tidak hanya ditentukan oleh intensitas belajar tetapi juga tehnik belajar yang digunakan.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengenai bagaimana agarbelajar secara tekun bisa menjadi kebiasaan siswa.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitasrmat mandiri maupun kelompok ,dalam membuat sebuah rencana untuk mengembangkan cara belajar yang edial bagi diri siswa sendiri.
d. Guru memberikan kesemnpat atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.






Mengethui                                                                                 Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                                         Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                               Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                                 NIP: 19590919 198703 1 009





SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XII SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,perbuatan,dan pekerjaan.

B. Materi Pokok.
Memupuk kemampuan memaknai pekerjaan.

C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab.
4. Pengamatan

D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.

E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic pertemuan sebelumnya.
 Guru membahas tugas yang diberkan pada pertemuan sebelumnya.
 Guru memberi pengantar mengenai topic yang akan dibahs.
 Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan informasi pilihan karir dan bagaimana seseorang memaknai pekerjaan tersebut.Setiap orang memiliki dorongan dan minat yang berbeda yang menjadi alasan mengapa ia menginginkan pekerjaan tertentu. Pengalaman masa lalu adalah salah satu factor yang melatarbelakangi dorongan dan minat seseorang dalam menentukan pilihan profesi.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengentahui bagaimana caranya agar siswa lebih mengenali pemahaman akan makna kerja.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitasrmat mandiri maupun kelompok mengenai bagaimana cara untuk mencapai dan menjalani pekerjaan kelak dengan lebih baik.Siswa diminta berpedoman pada makna bekerja yang ada dalam benak tiap-tiap siswa.
d. Guru memberikan kesemnpat atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.

3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.

F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.






Mengethui                                                                               Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam                                                       Guru BK




Drs.Hairuddin Ahmad                                                             Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012                                               NIP: 19590919 198703 1 009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar