SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XI SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/201
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mamapu berkomunikasi secara lisan, efektif dan santun
2. Siswa mampu menunjukkan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia.
B. Materi Pokok.
Keterampilan berkomunikasi yang baik dan memadai.
C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.
E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi : -
Guru memberikan pengantar mengenai topic yang akan
dibahas.
Guru memberi pertanyaan mengenai topic yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai perlunya mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan baik,lancar,dan memadai.
b. Guru mengarahkan/ membimbing dalam orientasi mengenai bagaimana kemapuan berkomunikasi siswa selama ini dan mengarahkan/membimbing siswa melakukan aktivitas pengembangan kemampuan berkomunikasi.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok untuk membuat rencana ,memperbaiki kekurangan dalam berkomunikasi.
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik yang dibahs.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.
3. Penutup.
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas/ pekerjaan rumah.
F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.
Mengethui Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam Guru BK
Drs.Hairuddin Ahmad Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012 NIP: 19590919 198703 1 009
SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XI SEMESTER I (SATU )
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu berkomunikasi dalam penegakan aturan-aturan social.
2. Peserta didik mampu berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara secara demokratis dalam wadah NKRI.
3. Peserta didik mampu memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
B. Materi Pokok.
Menegakkan aturan social dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.
E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi :
Guru memberi pertanyaan mengenai materi peremuan sebelumnya.
Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Guru memberikan pengantar mengenai materi yang akan dibahas.
Guru memberi pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai keteraturan lingkungan,bahwa setiap orang sangat memungkinkan menjalani kehidupan di lebih dari satu lingkungan sekaligus,dalam setiap lingkungan kehidupan tersebut ada aturan-aturan social yang harus ditegakkan agar kehidupan berjalan lancar.
b. Guru mengarahkan/ membimbing dalam orientasi mengenai bagaimana memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar siswa,dan mengamati bagaimana kondisi kehidupan masyarakat sekitar siswa.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok untuk membuat rencana ,memperbaiki diri siswa sendiri maupun mengenai masyarakat.
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi.
Misalnya ketika menemui kasus yang berat di masyarakat.
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan tanya jawab mengenai topik
yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.
3. Penutup
a. Guru dan siswa mebuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
F. Penilaian
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.
Mengethui Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam Guru BK
Drs.Hairuddin Ahmad Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012 NIP: 19590919 198703 1 009
SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XI SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengembangkan diri secara optimal dengan memamfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
2. Peserta didik mampu menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,perbuatan,dan pekerjaannya
B. Materi Pokok.
Cara berpikir dengan melihat segala sesuatu dari sudut pandang optimis.
C. Metode.
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.
E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi :
Guru memberi pertanyaan mengenai materi pertemuan sebelumnya
Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Guru memberkan pengantar mengenai materi yang akan dibahs.
Guru memberi pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai cara berpikir positif.Cara berpikir positif adalah cara berpikir dengan melihat segala sesuatu dari sudut pandang optimis.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi mengenai berpikir siswa selam ini,bagaimana mengenali diri sendiri.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok
mngenai bagaimana berpkir dari sudut pandang positif.
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan Tanya jawab mengenai materi
yang dibahas.
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.
3. Penutup
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberikam tugas kepada siswa
F. Penilaian .
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.
Mengethui Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam Guru BK
Drs.Hairuddin Ahmad Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012 NIP: 19590919 198703 1 009
SATUAN LAYAN BIMBINGAN KONSELING ( SATLAN BK )
SMA NEGERI 2 MATARAM KELAS XI SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Peseta didik mampu menunjukkan kemampuan berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif dalam pe ngambilan keputusan.
2. Peserta didik mampu menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
B. Materi Pokok.
Bersikap dan berpikir positif terhadap kegagalan.
C. Mode,
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Pengamatan
D. Alat / Sumber Belajar.
1. Buku-buku Psikologi Umum
2. Buku mengenal kecerdasan Emosi dan Spiritual
3. Buku-buku motivasi dan pengembangan potensi
4. Buku sejarah orang-orang besar.
5. Buku Pengembangan Diri
6. LKS
7. Buku-buku lain yang relevan.
E. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Pendahuluan / Kegiatan Awal
Guru memberi salam,mengajak berdo’a bersama,dan mengabsen.
Apersepsi :
Guru memberi pertanyaan mengenai materi pertemuan sebelumnya
Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Guru memberkan pengantar mengenai materi yang akan dibahs.
Guru memberi pertanyaan mengenai materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi informasi mengenai kemampuan untuk pantang menyerah dan terus mencoba bangkit dari kegagalan tahap awalnya adalah dengan tetap berpikir dan bersikap positif terhadap kegagalan.
b. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam orientasi menerima kegagalan dan memandang dari sudut pandang positif.
c. Guru mengarahkan/ membimbing siswa dalam menyusun rencana perkembangan diri baik melalui aktivitas mandiri maupun kelompok
mngenai bagaimana menyusun rencana agar dapat memandang kegagalan sebagai peristiwa positf.
d. Guru memberikan kesempatan atau memfasilitasi/memediasi siswa apabila ingin melakukan konsultasi
Konsultasi dilakukan apabila pengembangan diri harus dimantapkan dengan terus melakukan sharing atau konsultasi dengan elemen-elemen sumber daya manusia yang ada.
e. Siswa dan Guru mengadakan Tanya jawab mengenai materi
f. Siswa mengerjakan semua tugas yang diberikan.
3. Penutup
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
b. Guru memberi tugas/ pekerjaan rumah/
F. Penilaian.
a. Pesan apa yang terkandung dari topic yang dibahas ini
b. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapat informasi dari topic yang dibahas ini.
c. Rencana apa yang akan anda lakukan setelah mendapat layanan informasi melalui pertemuan ini.
Mengethui Mataram,___________________2010
Kepala SMAN 2 Mataam Guru BK
Drs.Hairuddin Ahmad Saeful Ahmad,S.Pd
NIP: 19590127 198103 1 012 NIP: 19590919 198703 1 009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar